TMMD Ke-118 di Kecamatan Bahorok Resmi Dibuka

TMMD Ke-118 di Kecamatan Bahorok Resmi Dibuka

topmetro.news – Plt Bupati Langkat H. Syah Afandin SH diwakili Sekdakab Langkat H. Amril SSos MAP menghadiri dan didaulat menjadi Inspektur Upacara Pembukaan Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) Ke-118 Tahun Anggaran 2023 bertempat di Lapangan Sepak Bola Kelurahan Pekan Bahorok Kecamatan Bahorok Kabupaten Langkat, Rabu (20/9/2023). Sementara, yang bertindak sebagai Komandan Upacara Kapten Inf. Sudirman dan Perwira Upacara Kapten Armed. Amir Hutahuruk.

TMMD Ke-118 dengan tema “Sinergi Lintas Sektoral Mewujudkan Kemanunggalan TNI-Rakyat Semakin Kuat” ini resmi dibuka ditandai dengan pemukulan gong oleh Inspektur Upacara, Sekdakab Langkat Amril SSos MAP.

Sambutan Plt. Bupati Langkat yang dibacakan Amril menyampaikan rasa syukurnya semua pihak bisa berhadir bersama untuk mengikuti upacara pembukaan TMMD ke-118 tahun 2023 untuk Kabupaten Langkat yang dipusatkan di Kecamatan Bahorok.

“Apa yang dilakukan oleh jajaran TNI melalui Bapak Dandim 0203 Langkat sungguh tepat dengan menetapkan daerah ini sebagai lokasi dilaksanakannya TMMD. Sebab Kecamatan Bahorok sebagai wilayah paling Hulu dari Kabupaten Langkat merupakan daerah wisata yang memang membutuhkan perhatian lebih dalam upaya mewujudkan visi Kabupaten Langkat yaitu menjadikan Langkat yang maju sejahtera dan religius melalui pengembangan pariwisata dan infrastruktur yang berkelanjutan,” sebutnya.

Amril berharap, seluruh masyarakat di daerah ini dan terutama unsur pejabat pemerintahan mulai dari Camat, Lurah, Kepala Desa, hingga Kepala Lingkungan agar benar-benar menunjukkan partisipasinya dalam kegiatan TMMD ini.

“Sebab apa yang dikerjakan adalah demi kemajuan daerah kita. Untuk itu tidak ada kata lelah dalam tugas guna kepentingan bersama. Untuk itu kepada orang tua kami, tokoh agama maupun pemuka adat serta tokoh pemuda untuk saling bahu membahu dalam memberikan dukungan atas pelaksanaan kegiatan ini. Sehingga seluruh rangkaian kegiatan TMMD ke-118 tahun 2023 ini dapat terselesaikan dengan lancar,” harapnya.

Ucapan Terima Kasih

Akan hal ini, lanjut Sekda, kami haturkan rasa terima kasih. Semoga segala kebaikan bagi kehormatan TNI dan rakyat akan memberikan berkah tersendiri bagi jajaran Kodim 0203 Langkat khususnya.

“Selanjutnya kepada seluruh jajaran prajurit yang tergabung dalam satgas TMMD ke-118 kami ucapkan selamat melaksanakan tugas. Ingatlah bahwa bakti ihklas yang diberikan dalam pelaksanaan tugas TMMD ini adalah bagian dari amal ibadah yang mengandung unsur cinta tanah air dan bangsa,” paparnya.

Kegiatan pembukaan TMMD ke-118 ini dilanjutkan dengan penyerahan tali asih bantuan sembako dari Kodim 0203/LKT kepada masyarakat kaum dhuafa sebanyak 25 orang. Dilanjutkan dengan penandatanganan Berita Acara/Penyerahan Pelaksanaan Pekerjaan TMMD ke-118 TA 2023. Penyematan tanda peserta kegiatan dan penyerahan perangkat kerja secara simbolis oleh Inspektur Upacara.

Sebelumnya, pembacaan laporan kegiatan oleh Kasatgas TMMD Letkol Inf M.Eko Prasetyo dalam rangka pelaksanaan kegiatan TMMD Ke-118 TA.2023 di Wilayah Kodim 0203/LKT dilaporkan bahwa pelaksanaan kegiatan TMMD mulai Pra TMMD tanggal 21 Agustus s.d 19 September 2023. Kemudian pelaksanaan TMMD tanggal 20 September s.d 19 Oktober 2023 bertempat di Desa Timbang Lawan Kec.Bahorok Kabupaten Langkat

Dijelaskan Dandim 0203 Langkat, adapun sasaran kegiatan fisik yang akan dikerjakan meliputi pelebaran badan jalan sepanjang 2500 m dengan lebar 3 m yang menghubungkan Dusun IX menuju Dusun VI Desa Timbang Lawan Kecamatan Bahorok.

Kemudian pembuatan 2 unit jembatan ukuran 6m x 5m, Pembuatan Platdecker sebanyak 6 unit, penambahan lebar Platdecker sepanjang 1m x 5m sebanyak 3 unit di Dusun lV Desa Timbang Lawan Kecamatan Bahorok. Rehab Musholla Al Mujahirin di Dusun ll Desa Timbang Lawan Kecamatan Bahorok, pembuatan gorong -gorong sebanyak 5 unit 80cm x 5 m, pembuatan Pos Kamling sebanyak 2 unit ukuran 2m x 3m.

Selain itu, kegiatan non fisik berupa Penyuluhan Bela Negara, Penyuluhan Wawasan Kebangsaan, Penyuluhan Pertanian, Penyuluhan Hukum dan Kamtibmas serta Penyuluhan Narkoba.

“Personil yang terlibat sebanyak 110 orang terdiri dari Yon Arhanud 11/WBY, Yon Zipur 1/DD, Yonif 8 Marinir Harimau Putih/TL, Kosheknud lll Medan, Yon Brimob Binjai dan Polres Langkat. Sementara sumber dana berasal dari Swakelola dengan Pemkab Langkat sebesar Rp1.816.000.0000, anggran Markas Besar TNI sebesar Rp382.000.000,” lapornya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Danrem 022/Pantai Timur Kolonel Inf. Agustatius Sitepu SSos MSi, para Dandim Jajaran Korem 022/Pantai Timur, Kapolres Langkat AKBP Faisal Rahmat Husin Simatupang SIK SH MH, Kepala BNN Kabupaten Langkat AKBP Saharuddin Bangko SH MH, Danyon Arhanudse ll /WBY, Danyon Riader 100/PS, Mewakili Kajari Langkat Syakdan Hamidi Nasution SH (Kasubsi Penuntutan), para Danramil jajaran Kodim 0203/LKT, mewakili Kepala Pengadilan Negeri Stabat.

Selain itu tampak hadir, Kadis PUPR Khairul Azmi SSTP, Kadis PPKB dan PPA dr.Sadikun Winato MM, mewakili Kepala Bappeda Roni Gultom ST (Kabid Fispra), mewakili Kadis Kesehatan, Erwinsyah Siregar (Kabid Kesmas), Camat Bahorok Robby Deritawan Sitepu SE MSP, Kapolsek Bahorok AKP Doni Gunawan, Pimpinan Perusahaan BUMN/BUMD Kec Bahorok, Tokoh Masyarakat Langkat Hulu Sekula Kembaren, Kades Timbang Lawan Malik Nasution, para Kades/Lurah se-Kecamatan Bahorok.

reporter | Rudy Hartono

Related posts

Leave a Comment